Senin, 20 April 2015

CB150R Rasa Fastron Diesel. Feel It!

Akhirnya bisa ngereview lagi hasil penggunaan oli HDEO atau oli diesel di motor kesayangan ane. Setelah mencapai jarak tempuh ± 2.050 km. Selesai sudah masa bakti oli Meditran SX. Yakin oli jenis ini memang klop di motor ane CB150R mesin flat tapped. Banyak yang agak ragu oli jenis diesel agak kurang cocok untuk mesin CB150R, karena karakter mesin yang agak berbeda. Tapi kalo belum coba, who knows?

Bay Max ketika menggunakan MSX
Hmmm, saya akan coba untuk tetap memakai oli jenis ini. Tapi bisa dikatakan naik level. Setelah mempertimbangkan, akhirnya pilihan jatuh ke Pertamina Fastron Diesel SAE 15w-40. Banyak yang merekomendasikan oli ini. Karena jika dilihat dari datasheet yang dikeluarkan oleh Pertamina, oli ini di atas Meditran SX.


Tapi kenapa tidak melanjutkan MSX yang kalo dianalogikan sudah klop. Wong namanya orang pasti ingin mencari pelumas yang memberikan perlindungan terbaik. Kekhawatiran efek oli HDEO terhadap motor dengan kopling basah yang akan membuat slip kopling, oli mengental yang katanya oli diesel itu lebih kental pada kenyataannya tidak terbukti di Bay Max, pantas saja jika oli jenis HDEO dilabeli dengan spesifikasi Long Drain Interval karena memang terbukti nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama ketimbang oli MCO (Oli Motor).

Fastron Diesel 15w-40

Akhirnya dapet nih oli di salah satu swalayan di Jakarta dengan harga 70rb, cukup mahal mengingat het nya cum 65-68rb saja. Tapi tak apalah. Ketika ingin di drain oli MSX belum mengalami penurunan dari segi performa, padahal sewaktu masih memakai oli motor, di km ±1500 aja rasanya mesin sudah terdengar kasar dan tarikan seakan letoy. Justru oli ini semakin lama bukannya semakin loyo tapi semakin enak.
Proses drain oli MSX
Akhirnya setelah di tap, ternyata dalam perjalanan ±2.050 km, oli mengalami penyusutan volume sekitar ±200-250ml. Di hitung dari ada oli yang sedikit tumpah ketika proses pergantian, maklum belajar untuk ganti oli sendiri.
Sisa oli MSX dari 1 liter, tinggal 750-800ml
Akhirnya setelah oli MSX benar2 sudah keluar semua, di tuanglah dengan keyakinan hati. Semoga oli ini bisa memenuhi ekspetasi yang saya harapkan. Bisa di atas dari MSX segalanya.


Setelah oli PFD nyemplung, motor kemudian di sela/di engkol untuk beberapa saat. Agar oli benar2 bisa merata. Lalu kemudian di hidupkan, entah ini hanya perasaan saya. Suara mesin agak terdengar sedikit kasar dari oli sebelumnya, tetapi setelah saya coba untuk riding keliling komplek. Performa bisa dikatakan lebih enak. Mungkin itu dulu, tetap saya akan update penggunaan oli divergent ini.

Salam Divergent Oil.... Be smart riders, try it. Feel the diference...

1 komentar:

  1. motor ane juga OCB nih gan, ditunggu preview berikutnya, pertama flushing pake msx kan ya?
    KM ane +/- 28rb
    pengen cb PFT ijo :D

    BalasHapus

Berikan komentar anda setiap selesai membaca.
Terima kasih.
Jika ingin menyalinnya, silahkan izin dan cantumkan sumber dari blog ini.
Sincerely Bayu Aditya

Protected by Copyscape Online Plagiarism Scanner
This Blog Is Protected and Registered.
Do not try to copy without the source.

myfreecopyright.com registered & protected