Selasa, 25 Oktober 2011

Cherry Belle vs SNSD (So Nyeo Shi Dae) 소녀시대 - Girl's Generation

Kesuksesan SM*SH (yang tidak jelas mengapa bisa sukses) sepertinya memancing banyak kalangan untuk berlomba-lomba menghadirkan konsep musik ala boy band ata girl band negeri ginseng Korea. Kedepannya sepertinya belantika musik tanah air sepertinya masih dijejali oleh "boy band & girl band. Masalahnya bukan cuma konsepnya (konsep girl atau boy band korea seperti ini memang lagi banyak diminati diseluruh dunia). Yang menjadi masalah adalah caranya yang ingin semua serba instan ditambah kurangnya daya kreatifitas sehingga di cap menjadi sekelompok plagiator.

Alhasil yg dihadirkan kepada para listener tidak lain musik yang tidak berkualitas dengan kapasitas vokal atau koreografi yang asal, tidak kompak dan tidak powerfull. Jadilah jualan penampilan fisik semata agar bisa terkenal.

Dalam hal ini akan dibahas tentang Girlband yang sedang booming yaitu Cherry Belle, entah karena di cantik, manis, imut, ataupun sebagai plagiat. Memang kalau diakui, personel dari Cherry Belle seperti yang dijelaskan sebelumnya. Bahkan untuk menjadi personel harus di audisi terlebih dahulu.

Kenapa harus Cherry Belle bukan yang lainnya. Cherrybelle adalah sebuah nama girl band Indonesia yang kabarnya sekarang ini lagi naik daun, hal ini merupakan latah fenomena yang ditulari oleh negara Korea yaitu Girlband dan Boysband. Cherrybelle terdiri dari 9 orang cewek (Angel, Anisa, Cherly, Christy, Devi, Felly, Gigi, Ryn, dan Wenda), yang mempunyai misi dan visi untuk memberikan suatu karya seni mereka untuk para pecinta musik tanah air.

Kalau diperhatikan, visi misi mereka terlalu muluk karena apa pun yang mereka, Cherrybelle dapat di enta meniru atau terinspirasi girlband dari Korea yang fenomenal yaitu SNSD (So Nyeo Shi Dae) yang lebih dikenal international dengan Girl’s Generations. Beranggotakan 9 orang perempuan (Taeyeon [Leader], Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona dan Seohyun).

Lagu Cheery Belle yang berjudul Best Friend Forever dapat dikatakan serupa mulai dari tunes-nya, tempo, style, konsep dengan lagu SNSD yaitu "Kissing You".

Di sini akan di ketahui, apakah lagu Best Friend Forever dikatakan plagiat atau tidak. Di mulai dari lirik chorusnya terlebih dahulu.
#1 kita kan selalu bersama = geudaewa bareul matchoomyuh guhdgo
#2 didalam suka duka = nuheh doo soneul japgo
#3 bagi segalanya = Ni uhddae-eh gidaeuh
#4 hanya kau yang ada di hatiku = Gomawo saranghae haengbok man joolgeyo

#1 kita kan selalu bersama = geudaewa bareul matchoomyuh guhdgo
#2 gapai semua cita = nuheh doo soneul japgo
#3 dan meraih dunia = Ni uhddae-eh gidaeuh
#4 walau badai menghadang tak akan kita terluka = Gomawo saranghae haengbok man joolgeyo
#5 you are my best friend forever = kissing you all my love


Bukannya bermaksud menjelekan dan membanding-bandingkan dengan SNSD. Tapi dengan jumlah member yang sama, dan chorus yang hampir mirip dengan lagu SNSD - Kissing You Baby. Stigma plagiat sudah tidak akan bisa dihindari.


Dan ini Ini merupakan translate lirik lagu Kissing You SNSD dalam bahasa korea kemudian diterjemahan kedalam bahasa inggrisnya dan coba bandingkan dengan lirik lagu Cherry Belle yang kelihatannya terlalu memaksakan (tentu tidak ditranslate begitu saja ada perbedaan dalam liriknya - tapi nadanya 80% menyerupai)

Versi Korea :
그대와 발을 맞추며 걷고
geudaewa bareul matchumyeo geotgo
너의 두손을 잡고 네 어깨에 기대어 말하고 싶어
neoui dusoneul japgo ne eokkaee gidaeeo malhago sipeo
고마워 사랑해 행복만 줄게요
gomawo saranghae haengbongman julgeyo

kissing you oh my love


Versi Inggris :
We walk while matching our feets, holding our hands
I want to lean on your shoulder and tell you
Thank you I Love You I will only give you happiness
Kissing you oh my love


Versi Indonesia :
Kita kan selalu bersama
Gapai semua cita & Meraih dunia
Walau badai menghadang tak akan kita terluka
You are my best friend forever


Sepertinya ekspektasi penonton atau listener akan musik Indonesia gak tinggi-tinggi amat, buktinya plagiat saja bisa cepet naik daun hanya karena mereka Ganteng, Cool, Cantik, Mulus, Bening, Sexy, Cute. Sebagian pembaca (yang rata-rata Cowok) gampang aja menjelek-jelekan BoyBand seperti SM*SH dll. Tapi kalo yang bening & caem seperti Cherry Belle ini mungkin semacem Jebakan Betmen yang bikin penilaiannya cenderung tidak objektif. Wajar namanya ingin terkenal, semua orang pasti melakukan segala cara. Tapi kalau hanya modal fisik semata mendingan jadi model aja, alias salah profesi kalau jadi penyanyi. Kebanyakan Girl Band Indonesia - bukan hanya meniru tapi juga minim persiapan, koreografinya juga nggak bagus nggak powerfull, kurang skill, vokal nggak terbentuk, dst. Alias ingin instan.

Dan bisa dikatakan kenapa mereka meniru habis-habisan? Ya mereka sama-sama 9 orang.

SNSD (So Nyeo Shi Dae) 소녀시대 - Girl's Generation


Cherry Belle

Semua permasalahan pasti ada solusinya. Mungkin K-Pop sudah berbalik "menguasai" pasar akar musik J-Pop, bahkan banyak yang telah sukses mengambil keuntungan dari pasar musik Jepang sepeti : SNSD, 2PM, KARA, 4 Minutes, 2NE1, Mblaq, Be2st, dll.

Sebenarnya kita juga bisa, mengambil akar dari K-Pop terus mengubah menjadi identitas musik kita sendiri, bukan dengan plagiat tapi musik kreatif hasil karya sendiri/original. Mungkin dapat ditaruh sedikit suara etnis/suara alat musik tradisional dibalut sound modern, kenapa nggak kita bisa buat genre yang bisa kita sebut I-pop/Indonesian pop? Sebutlah Project Pop, mereka berani berkreativitas.

Jadi, apakah kita akan menjadi bangsa yang plagiat atau bangsa yang selalu mempunyai kreatifitas tiada henti? Keep moving, don't dreaming!
Image and video hosting by TinyPic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda setiap selesai membaca.
Terima kasih.
Jika ingin menyalinnya, silahkan izin dan cantumkan sumber dari blog ini.
Sincerely Bayu Aditya

Protected by Copyscape Online Plagiarism Scanner
This Blog Is Protected and Registered.
Do not try to copy without the source.

myfreecopyright.com registered & protected