Jumat, 11 Februari 2011

Mengatasi Sendiri Serangan Jantung Mendadak

Mungkin masih segar di dalam pikiran kita. Aktor papan atas yang kini merambah menjadi anggota DPR. Ya Adhie Massaid. Dia meninggal akibat serangan jantung. Di usianya yang masih muda - 43 tahun, ia sudah terkena serangan jantung. Mungkinkah terkena serangan jantung di usia yang masih muda? Beberapa orang berspekulasi, bahwa Adjie Massaid meninggal karena di racun. Akan tetapi dokter telah menyatakan bahwa ia murni terkena serangan jantung. Di sini penulis akan memberikan beberapa tips yang mungkin berguna. yaitu pertolongan pertama pada serangan jantung.


Misalnya saat sekarang, setelah anda sibuk kerja seharian, anda sedang dalam perjalan pulang dengan mengendarai mobil sendirian. Tiba-tiba saja anda merasa sakit yang sangat di dada dan mulai menjalar ke lengan dan dagu. Akan tetapi, jarak ke Rumah Sakit terdekat kira-kira masih ada 5 Km lagi, lebih celakanya lagi, apakah anda mampu bertahan sejauh itu?

Saat sendirian, anda terkena serangan jantung. Bagaimana cara pertolongan pertamanya? Seseorang ketika jantungnya tidak dapat berdenyut secara normal serta merasa hampir pingsan, ia mempunyai waktu sekitar 10 detik, setelah itu ia akan hilang kesadaran dan pingsan. Jika sekitarnya tidak ada orang yang memberikan pertolongan, penderita harus memanfaatkan 10 detik yang singkat ini untuk menolong dirinya sendiri. Bagaimanakah caranya dan apakah bisa?

JAWABANNYA :
1. Jangan Panik! Usahakan anda batuk terus menerus dengan sekuat tenaga.

2. Setiap kali sebelum batuk, tarik nafas anda dalam-dalam, kemudian batuklah dengan kuat-kuat, seperti hendak mengeluarkan dahak yang berada di dalam dada.

3. Setiap selang 2 detik, tariklah nafas sekali dan batuk sekali. Lakukan hal ini hingga pertolongan tiba. Jika anda merasa denyut jantung kembali normal, anda dapat beristirahat terlebih dahulu.


Apakah tujuannya?
1. Tujuan menarik nafas adalah untuk memasukan oksigen ke dalam paru-paru sebanyak mungkin,

2. Tujuan membuat batuk adalah untuk menekan jantung, agar aliran darah bersirkulasi kembali. Menekan jantung juga dapat membantu denyut jantung kembali normal.


Pertolongan cara di atas maksudnya adalah agar penderita mempunyai waktu dan kesempatan untuk pergi ke rumah sakit. Jangan pernah anda mengira, bila anda berumur kurang dari 30 tahun anda tidak mungkin mendapat serangan jantung. Semoga info ini bermanfaat
Image and video hosting by TinyPic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda setiap selesai membaca.
Terima kasih.
Jika ingin menyalinnya, silahkan izin dan cantumkan sumber dari blog ini.
Sincerely Bayu Aditya

Protected by Copyscape Online Plagiarism Scanner
This Blog Is Protected and Registered.
Do not try to copy without the source.

myfreecopyright.com registered & protected