Selasa, 08 Desember 2009

Say No To Plagiarism

Alhamdulillah, entah apa yang ada di pikiran saya saat ini. Rasa senang, bangga, sekaligus ingin memberikan pelajaran bagi plagiator kelas teri (untuk kelas kakap, entah mampu atau tidak). Mengapa saya dapat berkata sedemikian rupa? Karena blog ini tidak bisa asal di Copy atau di salin. Maksudnya apa?

Biasanya jika seseorang tertarik terhadap suatu artikel atau posting, ia akan menyalinnya atau meng-copy nya tanpa mencantumkan darimana sumber itu berasal. Jika di cantumkan, mungkin dapat kita maklumi karena dia telah menghargai karya seseorang. Mungkin kalian akan berpikir bahwa saya pelit terhadap suatu artikel saya. Saya tidak bermaksud seperti itu, akan tetapi saya menghindari dampak plagiat. Plagiat toh artinya sama dengan mencuri bukan. Bayangkan saja, bagaimana perasaan kamu kalau artikel atau posting yang kamu susah-payah membuatnya bahkan hingga tengah malam tiba-tiba berada di blog orang lain atau di COPAS tanpa izin oleh orang lain tanpa menyebut darimana sumber itu berada. Walaupun kita sudah memasang banner Copyscape, tapi nyatanya itu tidak berlaku. Alhamdulillah hal tersebut saya dapat atasi minimal terhadap blog saya sendiri.

Rasa puas, artikel yang di hasilkan kita sendiri akan terbayarkan ketika terposting di dalam blog kita, walaupun sepi komentar ataupun pengunjung. Toh akhirnya inilah ciri khas blog kita, orisinil tanpa unsur plagiat. Walaupun ada artikel orang lain di dalam blog kita. Kita harus mencantumkan sumbernya untuk membuktikan bahwa kita menghargai hasil kerja keras orang lain.

Saya pernah mencoba untuk menggunakan trik seperti ini, akan tetapi efek yang di hasilkan Shoutbox, Kotak Komentar, dan lain-lain tidak dapat di isi. Akhirnya saya menon-aktifkan trik tersebut. Tapi seiring berjalannya waktu saya menemukan artikel, dan Insya Allah bermanfaat bagi penulisnya. Seperti yang saya bilang, saya tidak mau pelit oleh karena itu saya akan memberitahu darimana saya bisa mendapatkan ini. Kalian bisa mendapatkannya dengan meng-klik link ini. Yang pasti walaupun sederhana, metode ini lumayan mampu melindungi blog kita dari tangan jahil plagiator sejati kelas teri. Jadi, masih banggakah kita dengan blog yang rank-nya tinggi akan tetapi artikel yang berada di dalamnya hanya berisi artikel copy-paste sana-sini?
Image and video hosting by TinyPic

3 komentar:

  1. tengkyu banget infonya bro, gue butuh banget nih yg satu ini......

    BalasHapus
  2. thanks infonya..
    nanti saya coba..

    BalasHapus
  3. iya tuh heran banget ada blog yg isinya copas semua, kebanyakan isinya hoax lagi!T_T
    klo ak si nyante aja meskipun blognya sepi, yg penting bikin sendiri :)

    BalasHapus

Berikan komentar anda setiap selesai membaca.
Terima kasih.
Jika ingin menyalinnya, silahkan izin dan cantumkan sumber dari blog ini.
Sincerely Bayu Aditya

Protected by Copyscape Online Plagiarism Scanner
This Blog Is Protected and Registered.
Do not try to copy without the source.

myfreecopyright.com registered & protected