Jumat, 11 Desember 2009

Karakter Blog Yang Manakah Kamu?

Belakangan ini para blogger kian gencar meningkatkan serangannya di dunia maya, ahmad dhani, dan mulan jameela. Ups maksudnya bloggerian (sebutan untuk orang yang ngeblog) semakin gencar menaikan rank nya di Alexa. Akan tetapi persaingan mulai tidak sehat sampai yang punya penyakit pun mengikutinya (Stop! Ini lagi bahas masalah apa seh?) Bloggerian mulai copas sana sini tanpa menyantumkan sumber yang dia dapatkan. Insya Allah, blog ini mau di copas habis-habisan oleh kelas teri tidak akan bisa. Baca di sini, penjelasan tentang anti plagiat. Walaupun masih bisa di copas, toh saya masih mempunyai Copyscape. Jika dia tidak mengakuinya, tidak apa-apa. Di atas langit masih ada langit. Sesungguhnya ada yang Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Kalian mungkin bertanya, maksudnya artikel ini apa? Kita segera akan mengetahui, kalian tipe blogger yang mana seh?

Walaupun saya baru beberapa bulan hidup di dunia blog, akan tetapi saya merasa malu terhadap bangsa kita ini. Karena di jagad Blogsphere, banyak bloggerian kita yang suka copas artikel seseorang. Oleh karena itu saya akan menjelaskan maksud dari judul artikelnya. Karakter Blogger apakah yang ada di dalam diri kamu?

1. Monetize Blog
Blog yang isi kontennya bertujuan mencari uang di internet. Banyak blogger yang bertujuan membuat blog hanya untuk menjadikan blognya sebagai sumber penghasilan. Jadi, ia berharap penuh agar blognya bisa mencetak uang. Saya pernah berkunjung ke suatu blog (blogwalking), saya mengharapkan dapat menemukan sesuatu yang baru di sana, akan tetapi setelah saya masuk ternyata isinya hanya konten-konten adsense yang berjubel di sana-sini (maaf jika ada yang termasuk kategori ini). Iklan-iklan pun tidak mau kalah. Shoutbox, pengikut, bahkan penjelasan singkat hingga penulis blog tersebut tidak di cantumkan. Kalau menurut saya, untuk mendapatkan uang tidak akan cukup alias agak sulit. Kok bisa, jika ingin menarik seseorang untuk mengklik iklan ataupun adsense yang ada di blognya, maka ia haruslah menawarkan sesuatu yang menarik, hingga pengunjung mau mengklik. Kalau penuh dengan itu maka pengunjung blog akan berpikir "Kalau saya mengklik iklan ini dia akan dapat uang, tetapi saya mendapatkan apa?". Tidak salah blog kita menghasilkan uang, akan tetapi kita harus bisa memberikan sesuatu yang berarti terhadap pengunjung.

2. Friend Finder Blog
Dari judulnya saja, blog ini menggambarkan bahwa ia memang mencari teman dari mana saja. Blog ini bertema persahabatan. Dengan blog jenis ini, bloggeria ingin mencari teman sesama blogger diseluruh dunia. Bentuknya beranekaragam ada yang berbentuk forum, komunitas tapi ada juga blog yang berorientasi pada profit yang ikut bergabung pada blog jenis persahabatan. Yang pasti blog ini akan melakukan segala cara agar dapat menarik perhatian. Mulai dari tampilan blog itu sendiri, bahkan sampai blogwalking sebanyak-banyaknya. Dan dia pasti memberi sesuatu yang lebih agar bisa mendapatkan komunitas atau teman yang lebih banyak lagi.

3. Information Blog
Blog ini berisi segala macam informasi yang dapat kita temui. Mulai dari tips-trik blog, kesehatan, musik, olahraga, teknologi, hingga informasi-informasi yang terbaru terus di update. Biasanya bloggerian yang seperti ini tertarik dengan semua informasi yang terus berkembang dan di posting dengan bahasa dia sendiri (kecuali yang suka copas ^^).

4. Diary Blog
Dari judulnya kita sudah dapat memahami, bahwa blog ang dia buat di jadikan sebagai "buku harian online" nya. Karena di situ ia menjelaskan tentang kehidupannya. Seakan-akan dia ingin berbagi kepada dunia tentang kehidupannya, dimana ia merasakan manis dan pahitnya kehidupan. Di sini ia juga bisa menginstropeksikan dirinya sendiri untuk mengambil pelajaran yang ia dapatkan. Di blog ini biasanya terdapat puisi-puisi yang menyentuh batin, dan berbagai macam unek-unek. Jadi jangan heran, kalau di blog ini bahasanya non-formal, namanya juga buku harian. Jadi terserah kita mau menulis apa di dalamnya. Ya nggak?

5. Plagiarsm Blog
Nah ini karakter blog yang paling parah. Blog plagiat. Kenapa saya berani menyebutkan Plagiarism Blog? Sebelum saya menjelaskan, saya akan menceritakan pengalaman saya. Sewaktu itu saya ingin mencari suatu artikel, secara tidak sengaja saya mampir ke sebuah blog. Di sana saya menemukan artikel yang saya cari, akhirnya saya meresume artikel tersebut (tidak lupa saya mencantumkan sourcenya), karena tidak lengkap lalu saya mencari artikel dengan tema yang sama yang anehnya artikel tersebut sama seperti sebelumnya. Karena penasaran akhirnya saya membandingkan artikel-artikel yang di temukan dengan Copyscape. Ternyata hasilnya menakjubkan, artikel yang pertama kali saya temukan adalah hasil copas artikel sana-sini tanpa edit. Alias jiplak mentah. Semua konten, artikel, semua postingnya adalah hasil plagiat mentah-mentah tanpa mencantumkan sumbernya. Apakah penulisnya hobinya cuma copas atau tidak mempunyai kreativitas? Lebih baik tidak usah bloging kalau bertujuan copas sana-sini. Blog bertujuan untuk mengembangkan daya kreativitas kita. Jadi sudah tau bukan apa itu Plagiarism Blog?

Ini pengalaman saya selama beberapa bulan terakhir ini, setelah saya blogwalking ke sana-sini. Akhirnya dari sanalah kita mendapatkan sesuatu yang belum pernah kita dapatkan selama ini bahkan yang belum kita ketahui. Karakter manakah blog kamu yang sekarang ini? Mungkin ada pendapat lain dari teman-teman?
Image and video hosting by TinyPic

7 komentar:

  1. aku termasuk yg mana ya ..?
    blog ku jenis yg ke 3&4
    dech mas..
    mau yg mana pun asal jangan yg
    plagiat..
    wah lagi gencar kampanye anti plagiat ya ms he..he..

    BalasHapus
  2. Wah ttap smangat sob.
    Walau bnyak plagiat, kita harus ttap junjung org lain dan khusus'y karya kita sendiri.
    Semangat Sob jangan pantang menyerah

    BalasHapus
  3. blog saya mungkin yg nomor 2&4.. =)
    mampirla ke blog saya
    lagi pula,saya butuhkan komen untuk blogpost sy yg ini http://www.fairosza.net/2009/12/level-1-cabaran-master-kamiblogger.html

    BalasHapus
  4. Blog saya agak gado2, yang pasti saya ngga pernah plagiat dan menghindari copypaste artikel.

    BalasHapus
  5. konsep blog saya si pertamanya review musik gitu. lama-lama dtambahin tentang apa aja yg ada dipikiran saya hehehe

    BalasHapus
  6. Aq br bljar bikin blog,jd enakan jd yg mana ya..hmm

    BalasHapus

Berikan komentar anda setiap selesai membaca.
Terima kasih.
Jika ingin menyalinnya, silahkan izin dan cantumkan sumber dari blog ini.
Sincerely Bayu Aditya

Protected by Copyscape Online Plagiarism Scanner
This Blog Is Protected and Registered.
Do not try to copy without the source.

myfreecopyright.com registered & protected